Inspektorat Daerah Kota Bima mengikuti kegiatan Smart Discussion Series (SDS)

(Mataram, 04/09/23) Inspektorat Daerah Kota Bima mengikuti kegiatan Smart Discussion Series (SDS) dengan tema “Penguatan Kinerja Instansi Pemerintah yang Lebih Efektif dan Efisien melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dilaksanakan oleh  Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerja sama dengan lembaga konsultan SmartID. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB pada Senin, 04 September 2023. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Bambang Supriyono, M.S. selaku Tenaga Ahli SmartID, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc., sekaligus membuka acara. SDS diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah Provinsi NTB, serta Kepala Bappeda, Inspektur, dan Kepala Bagian Organisasi Kabupaten/Kota Provinsi NTB.

Dalam sambutannya, Gubernur NTB menyampaikan Provinsi NTB merupakan salah satu Provinsi yang nilai SAKIP-nya baik, namun masih dibawah Yogyakarta. Gubernur menekankan SmartID selaku konsultan agar dapat membuat aplikasi lebih mudah dan terukur untuk birokrasi yang professional.

 “Buat aplikasinya lebih mudah, terukur untuk birokrasi yang profesional” Ujar Bang Zul dalam sambutanya. 

Dikatakan Bang Zul (sapaan akrab Gubernur), SAKIP harus mampu memberikan kemudahan bukan mereduksi perangkat daerah sebagai mesin tetapi SAKIP di masa yang akan datang mampu mengukur dan menempatkan hal-hal yang baik sesuai tupoksinya. Sehingga dari Kategori “B” ke “A” bisa diwujudkan dan melahirkan birokrasi yang mendapatkan apresiasi dari seluruh Indonesia. 

“Kita harus belajar dari berbagai kejadian dan peristiwa sehingga ke depan kita akan memiliki birokrasi-birokrasi yang profesional” tutup bang Zul.

Kegiatan SDS dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber dari KEMENPANRB mengenai penilaian SAKIP dan Pelaksanaan RB. Pemaparan selanjutnya oleh narasumber dari tenaga ahli SmartID.

Kegiatan SDS ditutup dengan sesi tanya jawab.